Batuan beku adalah batuan yang terjadi akibat magma atau bahan cair pijar dari dalam bumi yang membeku karena pendinginan.

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Batuan beku disebut juga batuan vulkanik. Secara umum batuan beku mempunyai ciri-ciri homogen, menyatu, tidak ada pelapisan.

Batuan Beku adalah batuan yang merupakan kumpulan mineral-mineral silikat hasil dari pembekuan magma.

Batuan beku adalah batuan yang terjadi akibat magma atau bahan cair pijar dari dalam bumi yang membeku karena pendinginan.

Batuan beku adalah batuan yang terjadi dari magma yang membeku. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku.

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang keluar dari dalam bumi dan membeku karena proses pendinginan.

Granit merupakan batuan beku intrusif yang terdiri atas butiran kuarsa, felspar, dan mika. T Lava mengalir dari Mauna Kilauea, Hawai, AS dan disebut lava pahoehoe.

Batuan Beku dalam (intrusif atau batuan beku plutonik) merupakan batuan beku yang terbentuk akibat proses pendinginan terjadi, magma pijar membeku dan membentuk batuan beku. Batuan beku selanjutnya dibawa ke permukaan bumi melalui letusan gunung berapi. Selama di permukaan bumi, batuan beku mengalami pelapukan dan erosi.

Akibat pengaruh atmosfer, batuan beku di permukaan bumi akan rusak, hancur, dan kemudian terbawa oleh aliran air, gletser, dan embusan angin. Tidak jarang pada waktu hujan lebat, batuan yang hancur tersebut meluncur pada lereng.

Secara umum ciri-ciri batuan beku adalah homogen dan kompak, tidak ada pelapisan, dan tidak mengandung fosil.